Tips Belajar Bermain Melody

16 Jul

Ass buat semua pengunjung blog gw!! Sebelumnya saya sudah memberikan sedkit pendahuluan bagaimana cara membaca tablatur dan apa saja kelemahan dan kelebihannya, yang telah dijelaskan kelebihannya yaitu tablatur memiliki lambang-lambang teknik khusus seperti sudah saya jelaskan diatas. Saya bakalan sedikit bercerita bagaimana seh caranya menguasai melody, apa saja latihan-latihan yang diperlukan untuk menguasai melody dengan cepat? Saya akan menjawab semua pertanyaan diatas menurut pengalaman pribadi saya sendiri.

Okey…yang pertama “jelas donk kita harus memiliki sebuah gitar, kalau tidak punya yah kelaut ja deh”!!he7 just kidding kok. Gitar yang bisa digunakan yaitu boleh gitar listik atau gitar bolong, (tapi khusus melody lebih baik menggunakan electric guitar) sebab untuk bermain melody lebih mudah dengan menggunakan gitar tersebut.

Awal saya bermain gitar itu kelas 2 smp, yang mengajarkan yaitu kakak saya. Berawal bermain gitar saya hanya bisa genjrang-genjreng ja tuh. Karena keterbatasan ilmu yang dipunyai oleh kakak saya, saya cuman mendapat kunci-kunci dasar saja dari beliau. Selama tiga tahun kedepan saya belum berkembang 1 langkah pun, karena tidak adanya literatur dan instruktur yang mengajari saya. Pertama Ngejam saya di studio itu, pada saat saya beranjak sma, dengan diajak oleh teman. Dan akhirnya saya mulai agak sering latihan band distudio, tapi apa hasilnya? Tidak ada perubahan pada diri saya, skill saya tidak bertambah, wawasan musik saya pun segitu-gitu aja. Saya sempat berfikir, bagaimana caranya agar saya bisa menjadi seorang gitaris yang hebat?saya rasa anda juga pasti pernah merasakan hal seperti saya ini, yang kepengen menjadi seorang gitaris yang handal.

Setalah kelas 2 saya lebih aktif lagi ngeband. Saya punya teman yang mengajak saya untuk masuk kedalam anggota band dia, ternyata saya disuruh ngebass. Weleh-weleh ternyata posisi ini saya nikmati dengan santai, nah mulai dari sini permainan gitar saya mulai berkembang, kenapa bisa? Saya belajar dengan cara observatif, yaitu saya mengamat dan mentelaah cara bermain gitaris saya, lebih spesifiknya saya melihat style dan pengimprovisasian dia lebih mendalam, setelah itu saya praktikan dirumah hingga bisa seperti itu. Selain itu juga saya banyak belajar dari teman saya itu, dengan bertanya dan meminta dia mengajari saya, teknik-teknik yang dikuasainnya. Palm mute atau disebut deep saja saya belajar teknik itu dari dia. Jadi Intinya kalian harus banyak belajar dari orang-orang disekeliling kalian, karena masih banyak sekali orang-orang yang memiliki kemampuan jauh diatas kalian. Jadi jangan sombong dan puas akan sesuatu yang sudah didapat

Akhir kelas dua, band saya mulai diambang kehancuran karena 2 personil saya keluar karena ada masalah intern diantara kami. Tapi dari kejadian ini, akhirnya saya mendapatkan posisi gitaris. Kenaikan kelas 3 saya pindah sekolah, dan saya bertemu orang yang handal bermain gitar, dia teman sekelas. Waktu itu saya berfikir bahwa ini merupakan kesempatan yang baik, untuk dimanfaatkan. Akhirnya saya pun belajar dari dia, disini saya mulai mengenal lebih mendalam tentang melody, disini juga saya menganal apa itu Picking, Sweeping, tapping, natural harmonik, pinching harmonik. Ternyata teman saya sudah menguasai semua teknik ini. Yang lebih gila, pas di menunjukan permainanya, di melakukan sweeping dengan tempo yang sangat cepat dan bersih, dia juga bisa melakukan picking sambil sweeping dengan baik. Dari situ saya termotivasi dan antusias banget mau belajar dengan dia(thanks to Enozz). Akhirnya saya diajarkan teknik-teknik itu. Ternyata susah gila……., dengan diberikan contoh, saya mempraktikan kembali dirumah berulang-ulang sampai saya menguasai taknik itu. Duh capek……kayaknya terlalau berbelit-belit yah???yasudh saya langsung saja memberikan tips-tips belajar melody!

  • Tips-tips mudah belajar melody

1) Yang pertama kalian harus belajar banyak dari orang lain yang kemampuannya diatas kalian, dengan cara observatif dan mempraktikannya dirumah dengan intensif.

2) Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik, dan minta tolong kepada dia supaya mau mengajarkannya kepada anda.

3) Untuk para otodidak banyaklah beli-beli buku tentang musik, kalau saya boleh saran beli buku yang mengulas tentang scale dan arpegio pelajarilah dengan dinamis, serta intensif sampai kamu benar-benar hafal dan menguasainya.

4) Kamu-kamu juga harus sering dengerin musik yang banyak instrumennya kayak Dream theater, Paul gilbert, Joe Satriani, Steve Vai. Kalau perlu ulik tuh lagu, itu juga melatih feeling kamu supaya kamu lebih bisa berimprovisasi dengan baik.

5) Latihan minimal 3-4 jam/hari, latih terus jari-jemari kamu hingga keempat jarimu harmonis.

6) Senam jari harus sering dilakukan, biar jari-jari kamu tidak kaku, lakukan setiap pagi selama 30 menit saja.

7) Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. Soalnya saya juga belum sepenuhnya menguasai, karena tidak ada waktu buat latihan seharian, coz saya orang sibuk, jadi ini bakalan sangat sulit sekali. Hohoho

8) Pilihlah pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, supaya picking yang kamu hasilkan bisa lebih bersih.

9) Kalau kamu merasa tidak bisa mengulik lagu-lagu yang saya berikan, atau kamu ingin mengetahui jalur pastinya. Kamu cari tablatur-tablaturnya banyak kok di internet, cari ja dengan menggunakan search engine google dan masukan keyword yang anda ingin cari. Saya juga sering banget cari, lumayan saya jadi gk usah pusing-pusing ngulik. Kalau kalian tidak tahu bagaimana cara bacanya dan masih bingung dengan simbol-simbol yang ada di tablatur, diatas saya sudah jelaskan bagaimana caranya, coba baca kembali ulasan diatas.

Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: