5 Tips Troubleshoting Linux Desktop

22 Agu

Desktop Linux adalah lingkungan yang stabil bagi usernya. Tetapi bahkan lingkungan yang paling stabil akan mengalami kesulitan sekarang dan kemudian. Saat masalah muncul, itu selalu baik untuk mengetahui bagaimana memecahkan masalah. Tapi di mana Anda mulai? Dengan file log begitu banyak dan berbagai jenis desktop, apa cara terbaik untuk memperbaiki sebuah desktop Linux yang sakit?

Tentu saja, karena lingkungan desktop Linux saat ini berada dalam keadaan fluks (dengan GNOME Shell dan Ubuntu Persatuan akan segera dirilis), sulit untuk tahu persis apa yang setiap user pemecahan masalah. Tapi kita bisa pendekatan ini sedemikian rupa sehingga Anda bisa belajar bagaimana memecahkan satu desktop dengan melihat bagaimana masalah lain.

1: Periksa log
Linux log banyak informasi. This starts with the kernel and goes all the way up to the user-space. Hal ini dimulai dengan kernel dan berjalan sepanjang jalan sampai ke ruang-user. So even desktop malfunctions will be recorded. Jadi, bahkan malfungsi desktop akan disimpan. Tapi apa file log adalah pilihan terbaik untuk mulai mengatasi masalah Anda? Jika desktop Anda masih berjalan pada X.org, titik peluncuran paling logis akan menjadi file / var/log/Xorg.0.log. Dalam berkas log, Anda akan menemukan masalah tentang X Windows, yang dalam banyak kasus adalah platform yang mendasari untuk desktop distribusi anda. Bahkan jika Anda tidak bisa login ke desktop Anda, Anda masih dapat masuk ke terminal virtual (tekan Ctrl-Alt-F2 untuk masuk ke terminal virtual kedua) dan melihat file log. Meskipun hal ini tidak akan memberikan Anda informasi spesifik tentang lingkungan desktop tertentu Anda, ini akan membantu Anda menghilangkan X Windows sebagai bidang masalah.

2: Login dari baris perintah
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide yang baik, secara real-time, dari apa yang menyebabkan masalah dengan desktop Anda untuk login ke dalamnya dari baris perintah. . Ini berarti Anda harus memastikan proses boot Anda berhenti di runlevel 3. When your system is at runlevel 3, you will be prompted for your username and password and will have nothing more than a bash prompt upon successful authentication. Ketika sistem anda berada pada runlevel 3, Anda akan diminta untuk username dan password dan akan memiliki tidak lebih dari bash prompt pada otentikasi berhasil. Dari situ, Anda akan perlu menggunakan ~ / file xinitrc., Tambahkan baris seperti gnome-sesi atau startkde, dan mengeluarkan perintah startx untuk memulai. Bila ada masalah dengan desktop, Anda akan melihat pesan kesalahan muncul yang mungkin memberikan petunjuk tentang apa yang salah.

3: Periksa untuk melihat apakah itu masalah login
Saya telah melihat user login korup. Ini bisa jadi ini karena ada baris yang corroupt dalam file konfigurasi user. Cara termudah untuk mencari tahu ini adalah mencoba untuk login dengan user lain. Jika Anda tidak memiliki user lain, Anda bisa drop ke baris perintah dan menambahkan satu dengan perintah:

sudo useradd -d /home/testuser -m testuser

sudo passwd testuser

Jika Anda dapat login dengan user testuser, Anda tahu ada sesuatu yang serba salah dengan user biasa Anda.

4: Mendiagnosa konsisten startup
Katakanlah GNOME akan memulai untuk satu user, tetapi tidak yang lain. Anda dapat bekerja dengan ini. Anda harus log in dengan user yang bekerja dan kemudian memulai proses pemecahan masalah dengan bantuan dari perintah su. Setelah Anda login ke user kerja, membuka jendela terminal dan berubah menjadi bahwa user dengan perintah su USERNAME (dimana USERNAME adalah nama user yang tidak bisa login). Sekarang bahwa Anda telah diambil pada identitas user tersebut, Anda dapat mulai untuk memecahkan masalah. You can do things like disable Compiz or other effects, open Nautilus, and look for corrupt files. Anda dapat melakukan hal-hal seperti Compiz menonaktifkan atau efek lain, buka Nautilus, dan mencari file korup. Anda mungkin juga membuka gconf-editor dan scan untuk masalah. Jika Anda mencurigai gconf mungkin menjadi masalah, Anda dapat menginstal utilitas Gconf Bersih dan memilikinya memindai masalah. (Pastikan Anda menjalankannya sebagai user yang tidak bisa log in)

5:Hapus konfigurasi user
Sebagai usaha terakhir, Anda bisa login ke baris perintah dan menghapus GNOME2 (untuk GNOME). Atau. Kde4 (untuk KDE). Ini akan menyingkirkan semua konfigurasi user untuk desktop baik, tetapi akan memungkinkan Anda untuk log in Jika Anda memiliki script khusus atau file yang berada di dalam direktori tersebut, Anda selalu dapat kembali direktori dan kemudian menghapusnya. Dengan salinan cadangan, Anda dapat memindahkan skrip Anda dan file kembali (satu per satu) sampai Anda tahu Anda dapat login kembali berhasil.

penyelesaian masalah terbaik
Desktop Linux adalah antarmuka user yang solid dan dapat diandalkan. Paling sering, Anda tidak akan memiliki masalah dengan itu. Tapi dalam contoh-contoh di mana masalah terjadi (dan terjadi entah dari mana, tentu saja), ini berguna untuk mengetahui di mana untuk memulai pemecahan masalah.

Apakah Anda memiliki metode yang berbeda dari pemecahan masalah desktop Linux? Bagaimana desktop Windows?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: