Dasar-Dasar Penggunaan Editor VI

22 Agu

1.Pengantar

Editor VI merupakan editorberbasis layar yang digunakan oleh banyak pemakai UNIX. Berbasislayar berarti teks yang akan disunting ditampilkan dalam sebuah layardan pemakai dapat menggerakkan kursor pada bagian layar yang ingindiperbaiki.

Jika kita menggunakaneditor VI untuk pertama kalinya, mungkin kita akan mengalamikesulitan. Hal ini disebabkan karena perintah-perintah pada editor VIharus dihafalkan. Pada editor VI tidak terdapat menu-menu sepertipada editor PICO, sehingga ada kesan bahwa editor VI tidakuser-friendly. Akan tetapi editor VI merupakan editor teksstandar yang ada pada setiap sistem operasi UNIX. Jadi kita harusmengetahui dasar-dasar penggunaan editor VI untuk berjaga-jagaseandainya editor teks yang biasa kita gunakan tidak tersedia padasistem operasi UNIX yang kita gunakan.

2. Dua Modus Pada EditorVI

Hal pertama yang perludiketahui oleh pemakai adalah bahwa editor VI memiliki dua modus,yaitu modus perintah (command mode) dan modus penyisipan(insert mode) Modus perintah dapat digunakan untuk memasukkanperintah-perintah untuk memanipulasi teks dan file. Perintah-perintahini biasanya terdiri dari satu atau dua buah karakter. Moduspenyisipan digunakan untuk melakukan pengetikan teks.

Pada saat kita memulaieditor VI, kita langsung berada pada modus perintah. Ada beberapaperintah untuk memasuki mode penyisipan. Perintah-perintah yangpaling sering digunakan adalah perintah adan i. Bila kita menekantombol [Escape], maka kita akan kembali ke modus perintah. Penekanan[Escape] pada modus perintah tidak akan mangakibatkan kita keluardari modus perintah.

3. MemulaiEditor VI

Denganmenggunakan editor VI, kita dapat membuat file baru atau menyuntingfile yang sudah ada. Perintah untuk memulai editor VI adalah “vinama_file”. Bila nama_filemerupakan file yang sudah ada, pada bagian bawah layar akanditampilkan jumlah baris dan jumlah karakter pada file tersebut. Bilanama_file merupakan file baru,pada bagian bawah layar akan ditampilkan keterangan bahwa filetersebut adalah file baru.

Pada layarakan tampak baris-baris yang diawali dengan tanda tilde (~).Baris yang diawali dengan tanda ini menunjukkan baris tersebut belumpernah digunakan oleh pemakai. Editor VI juga dapat dimulai tanpamenyertakan nama_file. Akantetapi nama_file ini harusdiberikan pada saat kita ingin menyimpan pekerjaan ke file. Padabagian kiri atas dari layar akan tampak kursor yang berkedip yangmenunjukkan bahwa editor siap menerima perintah dari pemakai.

4. KeluarDari Editor VI

Untuk keluardari editor VI, ada beberapa perintah yang dapat digunakan. Semuaperintah ini harus dimasukkan dari modus perintah.

Tabel 1. Perintah-perintah untuk keluardari editor VI.

Perintah

Keterangan

:q [Enter]

Keluar dari editor VI, hanya jika tidak ada modifikasi pada file.

ZZ

Menyimpan ke file dan keluar dari editor VI

:wq [Enter]

Sama seperti ZZ

😡 [Enter]

Sama seperti ZZ

:q! [Enter]

Keluar dari editor VI tanpa harus menyimpan ke file

Untukmenyimpan ke file tanpa keluar dari editor VI, gunakan perintah :w[Enter].

5.Beberapa Perintah Pada Modus Perintah

Penjelasantentang perintah-perintah pada modus perintah akan dibagi dalambeberapa bagian. Perintah-perintah yang akan dijelaskan antara lain :menggerakkan kursor, menghapus teks, faktor pengulang, membatalkanperubahan atau penghapusan, mencari string, dan berpindah layar.

5.1.Menggerakkan Kursor

Di bawah ini adalahperintah-perintah yang dapat digunakan untuk menggerakkan kursor padamodus perintah.

Tabel 2. Perintah-perintah untukmengerakkan kursor.

Perintah

Keterangan

l panah kanan atau spasi

ke kanan 1 karakter

h atau panah kiri

ke kiri 1 karakter

j atau panah bawah

ke bawah 1 baris

k atau panah atas

ke atas 1 baris

5.2.Menghapus Teks

Di bawah iniadalah perintah-perintah yang dapat digunakan untuk menghapus teksdari modus perintah.

Tabel 3. Perintah-perintah untukmenghapus teks.

Perintah

Keterangan

x

menghapus karakter pada posisi kursor

X

menghapus karakter disebelah kiri kursor

dd

menghapus satu baris pada posisi kursor

d [Enter]

menghapus dua baris, baris pada posisi kursor dan baris berikutnya

d0

menghapus dari awal baris sampai tepat sebelum posisi kursor

d$

menghapus dari posisi kursor sampai akhir baris

5.3.Faktor Pengulang

Beberapaperintah dapat diulang beberapa kali dengan menambahkan jumlahpengulangan di depan perintah. Sebagai contoh, dd adalah perintahuntuk menghapus satu baris. Untuk menghapus 3 buah baris tanpa harusmemasukkan perintah dd sebanyak 3 kali dapat digunakan : 3dd.

5.4.Membatalkan Perubahan atau Penghapusan

Jikakita melakukan kesalahan menghapus tanpa sengaja, kita dapatmemperbaikinya dengan menggunakan perintah u atau U. Perintah udigunakan untuk membatalkan perubahan terakhir yang dilakukan olehpemakai, sedangkan perintah U digunakan untuk membatalkan seluruhperubahan pada satu baris.

5.5.Mencari String

EditorVI memiliki dua jenis pencarian, yaitu : string dan karakter. Untukpencarian string, perintah yang digunakan adalah perintah / dan ?.Pada saat kedua perintah ini digunakan, perintah yang diketikkan akanmuncul dibagian bawah layar, tempat kita mengetikkan string yangingin dicari. Kedua perintah ini berbeda hanya pada arah pencarianyang akan dilakukan. Perintah / mencari ke arah bawah, sedangkanperintah ? mencari ke arah atas dari file. Perintah n dan N digunakanuntuk melanjutkan proses pencarian yang sebelumnya. Perintah n akanmencari dalam arah yang sama, sedangkan perintah N akan mencari dalamarah yang berlawanan.

5.6.Berpindah Layar

EditorVI juga menyediakan perintah-perintah untuk berpindah layar dengancepat tanpa harus menggerakkan kursor perbaris. Perintah-perintahtersebut adalah :

Tabel 4. Perintah-perintah untukberpindah perlayar.

Perintah

Keterangan

ctrl-b

berpindah satu layar sebelumnya

ctrl-d

turun setengah bagian layar

ctrl-f

turun satu bagian layar

G

turun ke bagian akhir dari file

line no. G

memindahkan kursor ke line tertentu

ctrl-j

naik setengah bagian layar

6. Penutup

Perintah-perintahyang telah dijelaskan merupakan perintah-perintah dasar pada editorVI. Dengan mengetahui perintah-perintah tersebut, kita sudah dapatmelakukan manipulasi pada suatu file teks dan menyimpannya kembali.

Sebenarnyamasih banyak perintah-perintah pada editor VI yang memiliki banyakkegunaan antara lain : perintah untuk mengkonversi huruf besar kecildan huruf kapital, menyisipkan isi dari suatu file, menyimpansebagian teks ke suatu file, dan perintah-perintah map. Untukmengetahui perintah-perintah tersebut, pembaca dapat melihatnya padamanual editor VI pada sistem operasi UNIX dengan mengetikkan manvi pada prompt, dari sumber-sumber bacaan dariInternet, maupun dari buku-buku UNIX yang ada. Salah satu buku yangmembahas dengan jelas tentang cara-cara penggunaan editor VI adalahPengenalan UNIX & Utilitas, karangan Abdul Kadir.

NB : Artikel ini saya copas semua tanpa di edit lagi karena isinya sudah benar-benar sesuai dan                          mudah untuk dipahami.

berikut ini sumber dari artikel di atas : 

http://onno.vlsm.org/v11/ref-ind-1/network/dasar-dasar-penggunaan-editor-vi-1998.rtf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: