Pengaruh RAM Pada Komputer

6 Agu

Memory(RAM) dan pengaruhnya pada performance

Sudah dibuktikan bahwa menambah memory pada sistem komputer dapat meningkatkan kinerja komputer. Jika tidak terdapat cukup ruangan pada memory untuk semua informasi yang diperlukan CPU, komputer harus menyediakan yang diketahui sebagai Virtual memori file, didalam pengerjaannya , cpu atau processor menyediakan tempat pada harddisk sebagai pengganti cadangan RAM.Proses ini , ditunjuk sebagai “swapping”, membuat sistem menjadi lambat.Pada komputer rata-rata, CPU membutuhkan kira-kira 200ns(nanoseconds) untuk mengakses RAM dibanding 12.000.000ns mengakses pada harddisk.Bila ditimbang dari segi perspektifnya ,ini setingkat dengan yang pada normalnya 3 1/2 menit pekerjaan harus menghabiskan 4 1/2 bulan untuk menyelesaikannya.

Mengapa memory Ram mempengaruhi performance komputer?

Pertama-tama, bicara secara teknik, memory Ram tidak memiliki pengaruh apapun juga pada performance processor komputer.Ram memori tidak memiliki tenaga untuk membuat processor berjalan lebih cepat, itu dia, Ram memori tidak meningkatkan proses performance processor. 

Jadi , apa hubungan antara RAM memori dengan performance? ceritanya menjadi tidak sesederhana seperti apa yang ada kita butuh sedikit lebih penjelasan bagaimana komputer berkerja untuk anda mengerti hubungan antara ram memori dengan performance komputer.

Processor komputer mencari instruksi yang tersimpan didalam Ram memori dari komputer untuk dikerjakan.Jika instruksi2x itu tidak tersimpan pada memori , mereka akan dikirim dari harddisk (floppy,cd-rom,flash disk, system penyimpanan lainnya. ) ke Ram memori yang kita ketahui proses ini sebagai “Loading” program.

Jadi, semakin besar jumlah memori berarti semakin banyak instruksi yang tersimpan didalam memori , jadinya program yang besar bisa dikerjakan/Loading  langsung.Semua operasi sistem sekarang berkerja dengan konsep multitask, dimana kita dapat menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan.Anda dapat, sebagai contoh, bukalah word processor dan sebuah spreadsheet secara bersamaan kedalam Ram memori.Bagaimanapun juga , tergantung dari jumlah RAM memori yang anda punya  pada komputer anda, ini bisa dilihat jika proses pada komputer anda lebih lambat atau seketika.

Pertama, jika anda ingin komputer loading sebuah program dan tidak pas kedalam ram memori sebab hanya sedikit memori yang terinstall atau sebab sudah penuh , operasi sistem akan menampilkan pesan seperti “Insufficiant memori” (tidak cukup memori).

Tetapi itu tidak akan terjadi sebab dengan feature sejak 386,mempunyai virtual memori.Dengan feauture yang sama, processor komputer membuat file yang disebut swap file, yang digunakan untuk menyimpan Ram memori data. Jadi ,jika anda mencoba untuk loading data yang tidak muat kedalam RAM, operasi  sistem mengirimkan  ke bagian swap file bagian dari program yang tersimpan didalam memori RAM tetapi tidak diakses, space bebas didalam Memori RAM dan mengijinkan program untuk di load.ketika anda mengakses bagian dari sistem komputer yang tersimpan didalam harddisk, proses kebalikannya terjadi , sistem yang tersimpan didalam bagian disk dari memori yang tidak terpakai pada saat itu dan mengirim balik isi memori itru kembali.

Permasalahannya adalah harddisk sistem mekanik, dan bukan elektronik.Ini berarti data yang ditransfer antar harddisk dan RAMmemorimenjadi semakin lambat dari pada data yang terkirim antara processor dengan RAM memori. UNtuk anda mendapatkan ide dari magnitude, Processor berkomunikasi dengan RAM memory tipikal pada transfer rate 800 MB/s (100 MHz bus), ketika harddisk transfer ratenya adalah 33MB/s, 66MB/s dan 100 MB/s, tergantung pada teknologi mereka (DMA/33,DMA/66 dan DMA/100)

Jadi, setiap  komputer anda bertukar data  dari memori ke swap file dari harddisk, anda dapat merasakan lebih lambat, sejak perubahan ini tidak seketika juga.

Ketika kita menginstall lebih RAM memory pada komputer, kemungkinan kekurangan RAM memory da n memiliki pertukaran data dengan harddisk swap file akan semakin kecil and anda akan merasakan komputer anda lebih cepat dari sebelumnya.

Untuk mendapat ide yang lebih jelas, katakanlah anda mempunyai komputer yang memiliki RAM 64mb dan semua program dibuka pada waktu bersamaan yang menyita 100MB.Ini berarti sistem itu memakai virtual memori , membuat pertukaran dengan harddisk.Bagaimanapun, jika pada komputer yang sama mempunyai 128mb, tidak akan diperlukan pertukaran data dengan harddisk (dengan program yang sama yang dibuka), membuat komputer itu lebih cepat.

Semakin banyak peralatan yang anda tambahkan pada komputer, atau semakin tinggi aplikasi yang anda gunakan , semakin banyak RAM yang anda perlukan untuk komputer anda berjalan lancar .

Virtualmemori dan pengaruhnya pada performance

Ketika virtual memori membuat kemungkinan untuk komputer menjadi lebih mudah dalam menangani apllikasi yang besar dan rumit, dengan peralatan canggih apapun, hal ini datang dengan biaya. Biaya didalam kasus ini satu dari performance- virtual memori operasi sistem mempunyai lebih banyak hal untuk dilakukan dari pada operasi sistem yang tidak mendukung virtual memori. Ini berarti performance tidak akan lebih baik dengan virtual memori dari pada aplikasi yang sama dimana 100% memori-resident.

Bagaimanapun juga , ini bukanlah alasan untuk menyerah.Keuntungan dari virtual memori terlalu hebat untuk melakukan itu.Dan,dengan sedikit kesulitan, performance yang bagus adalah dimungkinkan. Hal yang mesti dilakukan untuk melihat sumber dari sistem yang mempengaruhi pemakaian yang berat dari sub sistem memori virtual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: